Minggu, 08 September 2013



RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)







MATA KULIAH
EKONOMI PEMBANGUNAN 1

Prof.Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec.

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2013






Jurusan Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomi
Universitas Gadjah Mada
Jl. Humaniora No 1, Bulaksumur, Yogyakarta
Tlp: +62-274-548510-15, Fax: +62-274-563727
Internet: www.fe.ugm.ac.id

EKONOMI PEMBANGUNAN 1
Kode            : EKU 2137/3SKS
Prasarat       : Teori Ekonomi Mikro 1 (EKU 1133)
                       Teori Ekonomi Makro 1 (EKU 1134)
Status MK    : Wajib

1. Dosen

Prof.Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec
Ø  Kantor: Lantai I Sayap Selatan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Ø  Telp.: 548510-548513 ext.200.
Ø  Email: gunawansumo@gmail.com

2. Assisten

Supiandi
Ø  Kantor: Lantai 3 Pertamina Tower, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.
Ø  Telp.: 081918381255
Ø  Email: supiandi_9@yahoo.com








3. Deskripsi Singkat 

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pembangunan dan pembangunan ekonomi, pertumbuhan dan berbagai permasalahan pembangunan di negara berkembang. Permasalahan pembangunan tersebut antara lain keterbatasan faktor produksi; masalah kependudukan (laju pertumbuhan, pengangguran, urbanisasi, kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan, dll). Dibahas pula peran pemerintah dibandingkan dengan peran pasar seiring dengan prinsip market friendly approach yang dikedepankan oleh Bank Dunia dalam menggariskan kebijakan pembangunan. Dengan adanya pengalaman pelaksanaan pembangunan dibahas pula masalah pembangunan yang menekankan pada kualitas pertumbuhan. Analisis ekonomika pembangunan ini dititikberatkan pada prinsip efisiensi dan distribusi.

4. Tujuan Pembelajaran/TIU

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh gambaran diskriptif dari konsep pembangunan, pembangunan ekonomi, pertumbuhan dan masalah-masalah pembangunan dari pendekatan teoritik, hasil kajian empirik dan kebijakan pemerintah. Gambaran deskriptif tersebut kemudian membawa pemahaman bagaimana memecahkan berbagai permasalahan di negara berkembang, seperti keterbatasan faktor produksi; masalah kependudukan (laju pertumbuhan, pengangguran, urbanisasi, kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan, dll). Diharapkan juga mahasiswa dapat memahami peran pemerintah dibandingkan dengan peran pasar seiring dengan prinsip market friendly approach yang dikedepankan oleh Bank Dunia dalam menggariskan kebijakan pembangunan termasuk di dalamnya masalah pembangunan yang menekankan pada kualitas pertumbuhan. Analisis ekonomika pembangunan ini dititikberatkan pada prinsip efisiensi dan distribusi.





5. Learning Outcomes/TIK


Kemampuan yang akan dimiliki oleh mahasiswa setelah menempuh mata kuliah Ekonomi Pembangunan 1, adalah:
1.      pengetahuan tentang konsep pembangunan, pembangunan ekonomi, ekonomi pembangunan, dan pertumbuhan dalam arti yang luas
2.      pemahaman tentang masalah-masalah pembangunan baik dari pendekatan teoritik, hasil kajian empirik dan kebijakan pemerintah
3.      pemahaman tentang peran pemerintah versus mekanisme pasar
4.      kemampuan mengorganisir diri untuk belajar bersama maupun mandiri
5.      kemampuan bekerja dalam tim
6.      kemampuan memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar
  1. kemampuan memberikan gagasan solusi bagi permasalahan pembangunan umumnya, dan khususnya masalah-masalah pembangunan di Negara berkembang



6. Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan


Minggu ke
Topik
Substansi
Metode Proses Pengajaran
1
Kontrak Belajar (Tatap muka pertama)
1.           Menyusun Kontrak Belajar
2.           Pemaparan RPKPS
3.           Pemberian Materi Bacaan
4.           Pembagian Kelompok Presentasi dan Topik Presentasi
Menjelaskan secara singkat silabus dan RPKPS mata kuliah Ekonomi Pembangunan 1 dan pembagian kelompok dan topik presentasi ; Diskusi
1
Definisi dan Pengertian (Tatap muka kedua)
1.         Mengapa perlu Kajian Ekonomika Pembangunan
2.         Pengertian Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi
3.         Pengertian Pertumbuhan
4.         Tujuan Utama Pembangunan
Menjelaskan konsep-konsep dasar pembangunan dan pertumbuhan oleh dosen; Diskusi (problems and exercises)
2
Evolusi Makna Pembangunan dan Indikator Pembangunan
1.         Pandangan Tradisional tentang Pembangunan
2.         Paradigma Baru dalam Pembangunan
3.         Indikator Pembangunan
4.         Indikator Sosial
Memaparkan evolusi makna pembangunan dan indicator pembangunan; Diskusi (problems and exercises); Penugasan individu tentang indikator pembangunan dan sosial kasus Indonesia
3
Perbedaan Struktur dan Karakteristik Umum Negara Berkembang
1.           Klasifikasi Negara
2.           Pengertian/Definisi Negara Berkembang 
3.           Perbedaan Struktur Negara Berkembang
4.           Karakteristik Umum Negara Berkembang
Memaparkan perbedaan struktur dan karakteristik umum Negara berkembang; Diskusi (problems and answers)
4
Teori-Teori Pertumbuhan Terpenting

1.         Faktor-faktor utama dalam pertumbuhan, yaitu : Penduduk, Kapital, Sumber Daya Alam dan Teknologi
2.         Pertumbuhan Modern menurut Kuznets
3.         Relevansi Perbandingan Pengalaman Pembangunan antar Negara
Menjelaskan Teori-Teori Pertumbuhan Terpenting; Diskusi (problems and answers)
5
Teori-Teori Pembangunan

1.         Teori Tahap-Tahap Linier
2.         Model Perubahan Struktural
3.         Dependensia Internasional
4.         Paradigma Neoklasik
5.         Pertumbuhan Baru dengan penekanan pada kualitas pertumbuhan
Menjelaskan dan membandingkan Teori-teori Pembangunan; Diskusi (problems and answers)
6
Pertumbuhan, Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan

1.         Definisi Kemiskinan: Kemiskinan Absolut dan Relatif
2.         Pengukuran Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan
3.         Karakteristik Ekonomi Kelompok Miskin
4.         Konsep dasar Distribusi Pendapatan
5.         Kurva Lorenz dan Koefisien Gini
6.         Kebijakan untuk menurunkan Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan
Memaparkan dan menganalisis problem kemiskinan dan distribusi pendapatan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions)
7
Kependudukan dan Permasalahannya

1.         Isu Dasar : Pertumbuhan Penduduk dan Kualitas Hidup (Pandangan Optimis dan Pesimis)
2.         Transisi Demografik, Kontroversi Teori Maltus
3.         Konsekuensi Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi
4.         Masalah Pengangguran
5.         Kebijakan untuk mengatasi permasalahan pertumbuhan penduduk
Memaparkan dan menganalisis problem  kependudukan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions)
8
Ujian Midterm


9
Pendidikan, Pembangunan SDM dan Peran Pendidikan dalam Pembangunan

1.         Pendidikan dan Pengembangan SDM
2.         Pendidikan di Negara Berkembang
3.         Pendidikan dan Pembangunan
4.         Pendidikan dan Peran Wanita (Isu Gender)
5.         Alternatif Solusi bagi Permasalahan Pengembangan SDM
Memaparkan Masalah-masalah yang berkaitan dengan Pendidikan dan Pembangunan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
10
Urbanisasi dan Rural-Urban Migration: Teori dan Kebijakan

1.         Dilema Urbanisasi dan Migrasi
2.         Masalah-masalah Urban
3.         Sektor Informal di Urban Area
4.         Pengangguran di Urban Area
5.         Migrasi dan Pembangunan
6.         Teori  Rural-Urban Migration
7.         Kebijakan Urbanisasi dan Migrasi
Menjelaskan tentang teori dan kebijakan yang berkenaan tentang Migrasi oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
11
Transformasi Sektor Pertanian dan Perdesaan

1.         Pembangunan Masyarakat tidak dapat terlepas dari Pembangunan sektor Pertanian dan Perdesaan
2.         Struktur Perekonomian NSB yang masih Agraris
3.         Transisi dari kegiatan pertanian menjadi kegiatan Industrial
4.         Strategi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan
Memaparkan tentang Transformasi Sektor Pertanian dan Permaslahan sektor pertanian di Negara berkembang oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
12
Industrialisasi dan keterkaitannya dengan Perdagangan Luar Negeri

1.         Kebijakan Industrialisasi melalui Substitusi Impor dan Promosi Ekspor
2.         Perdagangan Internasional sebagai pendorong Pembangunan
3.         Pendapat pesimis dan optimis tentang perdagangan Internasional
4.         Integrasi Ekonomi
5.         Kebijakan dan Reformasi Perdagangan di Indonesia
6.         Perlunya perumusan Ekonomi Internasional Baru dalam menghadapi proses Globalisasi
Menjelaskan tentang kebijakan industrialisasi dan perdagangan luar negeri oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
13
Pembiayaan Pembangunan, Penanaman Modal, Aliran Modal dan Utang Luar Negeri 
1.         Neraca Pembayaran Internasional
2.         Pembiayaan Defisit NPI, Two Gap Theory
3.         Perkembangan Utang Luar Negeri
4.         Kontroversi peran IMF dalam mendukung stabilitas Perekonomian Makro NSB
5.         Foreign Direct Investment
Menjelaskan tentang Pembiayaan Pembangunan, Penanaman Modal, Aliran Modal dan Utang Luar Negeri  oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
14
Kebijakan Moneter dan Fiskal
1.         Peran Sistem Keuangan
2.         Jalan yang Tidak Mudah menuju Stabilitas Makroekonomi
3.         Kebijakan Moneter
4.         Kebijakan Fiskal
5.         Sistem Keuangan dan Pembangunan
Menjelaskan tentang Sistem Keuangan, Kebijakan Moneter dan Fiskal serta kaitannya dengan pembangunan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
15
Lingkungan dan Pembangunan
1.       Lingkungan dan Pembangunan: Isu Utama
2.       Degradasi Lingkungan Hidup
3.       Sustainable Development
4.       Lingkungan Hidup dan Model Ekonomi dari Lingkungan Hidup
5.       Lingkungan Hidup dalam Perspektif Global, Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Bumi serta usul Kebijakannya
Menjelaskan tentang Lingkungan dan Pembangunan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
16
Ujian Akhir

Ujian (test);
Mahasiswa mengumpulkan paper individual dengan topik yang sudah ditentukan pada pertemuan minggu 1.


7. Metode Kuliah

Dosen pengampu mempunyai komitmen untuk membuat mahasiswa memahami materi yang akan diberikan dalam proses belajar-mengajar, sehingga tujuan matakuliah ini dapat tercapai.  Dosen menuntut mahasiswa mempunyai komitmen untuk mempelajari dan memahami materi yang diberikan. Oleh karena itu mahasiswa diharuskan untuk membaca materi kuliah terlebih dahulu sebelum acara tatap muka.

Mekanisme perkuliahan akan ditekankan pada suatu model pemaparan, diskusi dan presentasi kelompok oleh mahasiswa. Pada pertemuan sebelum ujian tengah semester pemaparan materi dan diskusi lebih ditekankan. Setelah ujian tengah semester, selain pemaparan materi yang disampaikan dosen, mahasiswa diwajibkan menyajikan presentasi dengan topik yang telah ditentukan pada minggu pertama pertemuan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang. Presentasi dilakukan oleh 2 kelompok untuk setiap pertemuan. Kelompok lain yang tidak presentasi diwajibkan untuk berpartisipasi memberikan komentar atau pertanyaan kepada kelompok penyaji.
Setiap mahasiswa juga diwajibkan untuk menulis paper sebanyak 10-15 halaman yang dikumpulkan pada waktu ujian akhir. Topik paper individu sama dengan topik presentasi kelompoknya, namun setiap mahasiswa dalam kelompok presentasi yang sama harus menulis dengan sudut pandang atau fokus topik yang berbeda.






8. Evaluasi

Mata kuliah ini lebih menekankan pada proses belajar sehingga mahasiswa diharapkan dapat terlibat aktif dalam setiap temu kelas. Bobot nilai secara proporsional terbagi dalam beberapa komponen sebagai berikut:
Komponen Nilai
Bobot
Presentasi kelompok & diskusi
15%
Paper individu
15%
Ujian Tengah Semester    
30%
Ujian Akhir Semester      
40%
Total
100%

Konversi penilaian adalah sebagai berikut:

Skor
Nilai
Skor
Nilai
Skor
Nilai
85 – 100
A
80 - 84
A-


75 – 79
B+
70 - 74
B
65 - 69
B-
60 – 64
C+
50 - 59
C


40 – 49
D




0 – 39
E





Untuk mandapatkan nilai utuh: 
1.      Mahasiswa harus memenuhi semua komponen penilaian
2.      Menyelesaikan tugas presentasi dan paper individu sesuai dengan topik yang telah ditentukan.




9. Daftar Pustaka

Berikut adalah daftar pustaka yang digunakan dalam kelas. Daftar pustaka terbagi dalam dua kategori besar yaitu sumber acuan dan sumber anjuran. Mahasiswa diharapkan membaca terlebih dahulu materi kuliah untuk setiap pertemuan kelas yang diambil dari sumber acuan.

            9.1 Buku Acuan


Todaro, Michael and Stephen C. Smith, Economic Development, Edisi ke-10, Addison Wesley, 2009
Gunawan Sumodiningrat, 2006, Responsi Pemerintah Terhadap Kesenjangan Ekonomi, Edisi Ketiga, Perpod, Jakarta,
Kuncoro, Mudrajad, 2010, Dasar-dasar Ekonomika Pembangunan, Edisi Kelima, Yogyakarta, UPP-STIM YKPN

            9.2 Buku Anjuran


Arndt, H.W., Economic Development : The History of an Idea, the University of Chicago Press, 1989 (HWA).
Beberapa Edisi World Development Report, Terbitan bank Dunia setiap tahun, sesuai dengan tema yang sedang dibahas.
Meier, G.M. and J.E. Stiglitz (eds.), Frontiers of Development Economics, The Future in Perspectives, The World Bank-Oxford University Press, 2001 (MS).
Buku-buku atau Artikel-artikel lain.

0 komentar:

Posting Komentar