RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
MATA KULIAH
EKONOMI PEMBANGUNAN 1
Prof.Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec.
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2013
Jurusan Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomi
Universitas Gadjah Mada
Jl. Humaniora No 1,
Bulaksumur, Yogyakarta
Tlp: +62-274-548510-15,
Fax: +62-274-563727
Internet:
www.fe.ugm.ac.id
|
EKONOMI PEMBANGUNAN 1
Kode : EKU 2137/3SKS
Prasarat : Teori Ekonomi Mikro 1 (EKU 1133)
Teori
Ekonomi Makro 1 (EKU 1134)
Status MK : Wajib
1. Dosen
Prof.Dr. Gunawan Sumodiningrat, M.Ec
Ø Kantor: Lantai I Sayap Selatan, Fakultas
Ekonomika dan Bisnis UGM.
2. Assisten
Supiandi
Ø Kantor: Lantai 3 Pertamina Tower, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.
Ø Telp.: 081918381255
3. Deskripsi Singkat
Mata kuliah ini
membahas tentang konsep dasar pembangunan dan pembangunan ekonomi, pertumbuhan
dan berbagai permasalahan pembangunan di negara berkembang. Permasalahan
pembangunan tersebut antara lain keterbatasan faktor produksi; masalah
kependudukan (laju pertumbuhan, pengangguran, urbanisasi, kemiskinan,
ketimpangan distribusi pendapatan, dll). Dibahas pula peran pemerintah
dibandingkan dengan peran pasar seiring dengan prinsip market friendly
approach yang dikedepankan oleh Bank Dunia dalam menggariskan kebijakan
pembangunan. Dengan adanya pengalaman pelaksanaan pembangunan dibahas pula
masalah pembangunan yang menekankan pada kualitas pertumbuhan. Analisis ekonomika pembangunan ini
dititikberatkan pada prinsip efisiensi dan distribusi.
4. Tujuan Pembelajaran/TIU
Setelah
mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh gambaran diskriptif
dari konsep pembangunan, pembangunan ekonomi, pertumbuhan dan masalah-masalah
pembangunan dari pendekatan teoritik, hasil kajian empirik dan kebijakan pemerintah.
Gambaran deskriptif tersebut kemudian membawa pemahaman bagaimana memecahkan
berbagai permasalahan di negara berkembang, seperti keterbatasan faktor
produksi; masalah kependudukan (laju pertumbuhan, pengangguran, urbanisasi,
kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan, dll). Diharapkan juga mahasiswa
dapat memahami peran pemerintah dibandingkan dengan peran pasar seiring dengan
prinsip market friendly approach yang dikedepankan oleh Bank Dunia dalam
menggariskan kebijakan pembangunan termasuk di dalamnya masalah pembangunan
yang menekankan pada kualitas pertumbuhan. Analisis ekonomika pembangunan ini dititikberatkan
pada prinsip efisiensi dan distribusi.
5. Learning Outcomes/TIK
Kemampuan
yang akan dimiliki oleh mahasiswa setelah menempuh mata kuliah Ekonomi
Pembangunan 1, adalah:
1. pengetahuan tentang konsep pembangunan,
pembangunan ekonomi, ekonomi pembangunan, dan pertumbuhan dalam arti yang luas
2. pemahaman tentang masalah-masalah
pembangunan baik dari pendekatan teoritik, hasil kajian empirik dan kebijakan
pemerintah
3.
pemahaman tentang peran
pemerintah versus mekanisme pasar
4.
kemampuan mengorganisir diri
untuk belajar bersama maupun mandiri
5.
kemampuan bekerja dalam tim
6. kemampuan memanfaatkan teknologi internet
sebagai sumber belajar
- kemampuan memberikan gagasan solusi bagi permasalahan pembangunan umumnya, dan khususnya masalah-masalah pembangunan di Negara berkembang
6. Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan
Minggu ke
|
Topik
|
Substansi
|
Metode Proses Pengajaran
|
1
|
Kontrak Belajar (Tatap muka pertama)
|
1.
Menyusun Kontrak Belajar
2.
Pemaparan RPKPS
3.
Pemberian Materi Bacaan
4.
Pembagian Kelompok Presentasi
dan Topik Presentasi
|
Menjelaskan secara singkat
silabus dan RPKPS mata kuliah Ekonomi Pembangunan 1 dan pembagian kelompok
dan topik presentasi ; Diskusi
|
1
|
Definisi dan Pengertian
(Tatap muka kedua)
|
1.
Mengapa perlu Kajian
Ekonomika Pembangunan
2.
Pengertian Pembangunan dan
Pembangunan Ekonomi
3.
Pengertian Pertumbuhan
4.
Tujuan Utama Pembangunan
|
Menjelaskan konsep-konsep dasar pembangunan dan pertumbuhan oleh dosen;
Diskusi (problems and exercises)
|
2
|
Evolusi Makna Pembangunan dan Indikator Pembangunan
|
1.
Pandangan Tradisional tentang
Pembangunan
2.
Paradigma Baru dalam
Pembangunan
3.
Indikator Pembangunan
4.
Indikator Sosial
|
Memaparkan evolusi makna
pembangunan dan indicator pembangunan; Diskusi (problems and exercises);
Penugasan individu tentang indikator pembangunan dan sosial kasus Indonesia
|
3
|
Perbedaan Struktur dan Karakteristik Umum Negara Berkembang
|
1.
Klasifikasi Negara
2.
Pengertian/Definisi Negara
Berkembang
3.
Perbedaan Struktur Negara
Berkembang
4.
Karakteristik Umum Negara
Berkembang
|
Memaparkan perbedaan struktur dan karakteristik umum Negara berkembang;
Diskusi (problems and answers)
|
4
|
Teori-Teori Pertumbuhan Terpenting
|
1.
Faktor-faktor
utama dalam pertumbuhan, yaitu : Penduduk, Kapital, Sumber Daya Alam dan
Teknologi
2.
Pertumbuhan Modern menurut
Kuznets
3.
Relevansi
Perbandingan Pengalaman Pembangunan antar Negara
|
Menjelaskan Teori-Teori Pertumbuhan Terpenting; Diskusi (problems and
answers)
|
5
|
Teori-Teori Pembangunan
|
1.
Teori Tahap-Tahap Linier
2.
Model Perubahan Struktural
3.
Dependensia Internasional
4.
Paradigma Neoklasik
5.
Pertumbuhan Baru dengan penekanan
pada kualitas pertumbuhan
|
Menjelaskan dan membandingkan Teori-teori Pembangunan; Diskusi (problems
and answers)
|
6
|
Pertumbuhan, Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan
|
1.
Definisi
Kemiskinan: Kemiskinan Absolut dan Relatif
2.
Pengukuran Kemiskinan dan Distribusi
Pendapatan
3.
Karakteristik Ekonomi
Kelompok Miskin
4.
Konsep dasar Distribusi
Pendapatan
5.
Kurva Lorenz dan Koefisien
Gini
6.
Kebijakan untuk menurunkan
Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan
|
Memaparkan dan menganalisis problem kemiskinan dan distribusi pendapatan
oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions)
|
7
|
Kependudukan dan Permasalahannya
|
1.
Isu
Dasar : Pertumbuhan Penduduk dan Kualitas Hidup (Pandangan Optimis dan
Pesimis)
2.
Transisi Demografik,
Kontroversi Teori Maltus
3.
Konsekuensi Pertumbuhan
Penduduk yang Tinggi
4.
Masalah Pengangguran
5.
Kebijakan
untuk mengatasi permasalahan pertumbuhan penduduk
|
Memaparkan dan
menganalisis problem kependudukan oleh
dosen; Diskusi (problems and alternative solutions)
|
8
|
Ujian Midterm
|
||
9
|
Pendidikan, Pembangunan SDM dan Peran Pendidikan
dalam Pembangunan
|
1.
Pendidikan dan Pengembangan
SDM
2.
Pendidikan di Negara
Berkembang
3.
Pendidikan dan Pembangunan
4.
Pendidikan
dan Peran Wanita (Isu Gender)
5.
Alternatif
Solusi bagi Permasalahan Pengembangan SDM
|
Memaparkan Masalah-masalah yang berkaitan dengan Pendidikan dan
Pembangunan oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions);
Presentasi kelompok oleh mahasiswa
|
10
|
Urbanisasi dan Rural-Urban Migration: Teori dan
Kebijakan
|
1.
Dilema Urbanisasi dan Migrasi
2.
Masalah-masalah Urban
3.
Sektor Informal di Urban Area
4.
Pengangguran di Urban Area
5.
Migrasi dan Pembangunan
6.
Teori Rural-Urban Migration
7.
Kebijakan Urbanisasi dan
Migrasi
|
Menjelaskan tentang teori dan kebijakan yang berkenaan tentang Migrasi
oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok
oleh mahasiswa
|
11
|
Transformasi Sektor Pertanian dan Perdesaan
|
1.
Pembangunan
Masyarakat tidak dapat terlepas dari Pembangunan sektor Pertanian dan
Perdesaan
2.
Struktur
Perekonomian NSB yang masih Agraris
3.
Transisi dari kegiatan
pertanian menjadi kegiatan Industrial
4.
Strategi Pembangunan
Pertanian dan Perdesaan
|
Memaparkan tentang Transformasi Sektor Pertanian dan Permaslahan sektor
pertanian di Negara berkembang oleh dosen; Diskusi (problems and alternative
solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
|
12
|
Industrialisasi dan keterkaitannya dengan
Perdagangan Luar Negeri
|
1.
Kebijakan Industrialisasi
melalui Substitusi Impor dan Promosi Ekspor
2.
Perdagangan Internasional
sebagai pendorong Pembangunan
3.
Pendapat
pesimis dan optimis tentang perdagangan Internasional
4.
Integrasi Ekonomi
5.
Kebijakan
dan Reformasi Perdagangan di Indonesia
6.
Perlunya
perumusan Ekonomi Internasional Baru dalam menghadapi proses Globalisasi
|
Menjelaskan tentang kebijakan industrialisasi dan perdagangan luar negeri
oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok
oleh mahasiswa
|
13
|
Pembiayaan Pembangunan, Penanaman Modal, Aliran Modal dan Utang Luar
Negeri
|
1.
Neraca Pembayaran
Internasional
2.
Pembiayaan Defisit NPI, Two
Gap Theory
3.
Perkembangan Utang Luar
Negeri
4.
Kontroversi
peran IMF dalam mendukung stabilitas Perekonomian Makro NSB
5.
Foreign Direct Investment
|
Menjelaskan tentang
Pembiayaan Pembangunan, Penanaman Modal, Aliran Modal dan Utang Luar
Negeri oleh dosen; Diskusi (problems
and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
|
14
|
Kebijakan Moneter dan
Fiskal
|
1.
Peran Sistem Keuangan
2.
Jalan
yang Tidak Mudah menuju Stabilitas Makroekonomi
3.
Kebijakan Moneter
4.
Kebijakan Fiskal
5.
Sistem Keuangan dan
Pembangunan
|
Menjelaskan tentang Sistem
Keuangan, Kebijakan Moneter dan Fiskal serta kaitannya dengan pembangunan
oleh dosen; Diskusi (problems and alternative solutions); Presentasi kelompok
oleh mahasiswa
|
15
|
Lingkungan dan Pembangunan
|
1. Lingkungan dan Pembangunan: Isu Utama
2. Degradasi Lingkungan Hidup
3. Sustainable Development
4.
Lingkungan
Hidup dan Model Ekonomi dari Lingkungan Hidup
5.
Lingkungan
Hidup dalam Perspektif Global, Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Bumi serta usul
Kebijakannya
|
Menjelaskan tentang Lingkungan dan Pembangunan oleh dosen; Diskusi
(problems and alternative solutions); Presentasi kelompok oleh mahasiswa
|
16
|
Ujian Akhir
|
Ujian (test);
Mahasiswa mengumpulkan paper individual dengan topik yang sudah
ditentukan pada pertemuan minggu 1.
|
7. Metode Kuliah
Dosen pengampu mempunyai komitmen untuk membuat mahasiswa memahami materi
yang akan diberikan dalam proses belajar-mengajar, sehingga tujuan matakuliah
ini dapat tercapai. Dosen menuntut
mahasiswa mempunyai komitmen untuk mempelajari dan memahami materi yang
diberikan. Oleh karena itu mahasiswa diharuskan untuk membaca materi kuliah
terlebih dahulu sebelum acara tatap muka.
Mekanisme perkuliahan akan ditekankan pada suatu model pemaparan, diskusi dan
presentasi kelompok oleh mahasiswa. Pada pertemuan sebelum ujian tengah
semester pemaparan materi dan diskusi lebih ditekankan. Setelah ujian tengah
semester, selain pemaparan materi yang disampaikan dosen, mahasiswa diwajibkan
menyajikan presentasi dengan topik yang telah ditentukan pada minggu pertama
pertemuan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang. Presentasi dilakukan oleh 2
kelompok untuk setiap pertemuan. Kelompok lain yang tidak presentasi diwajibkan
untuk berpartisipasi memberikan komentar atau pertanyaan kepada kelompok
penyaji.
Setiap mahasiswa juga diwajibkan untuk menulis paper sebanyak 10-15 halaman
yang dikumpulkan pada waktu ujian akhir. Topik paper individu sama dengan topik
presentasi kelompoknya, namun setiap mahasiswa dalam kelompok presentasi yang
sama harus menulis dengan sudut pandang atau fokus topik yang berbeda.
8. Evaluasi
Mata kuliah ini lebih menekankan pada proses belajar sehingga mahasiswa
diharapkan dapat terlibat aktif dalam setiap temu kelas. Bobot nilai secara proporsional
terbagi dalam beberapa komponen sebagai berikut:
Komponen Nilai
|
Bobot
|
Presentasi kelompok & diskusi
|
15%
|
Paper individu
|
15%
|
Ujian Tengah Semester
|
30%
|
Ujian Akhir Semester
|
40%
|
Total
|
100%
|
Konversi penilaian adalah sebagai berikut:
Skor
|
Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
85 – 100
|
A
|
80 - 84
|
A-
|
||
75 – 79
|
B+
|
70 - 74
|
B
|
65 - 69
|
B-
|
60 – 64
|
C+
|
50 - 59
|
C
|
||
40 – 49
|
D
|
||||
0 – 39
|
E
|
Untuk mandapatkan nilai utuh:
1. Mahasiswa harus memenuhi semua komponen penilaian
2. Menyelesaikan tugas presentasi dan paper individu sesuai dengan topik yang
telah ditentukan.
9. Daftar Pustaka
Berikut adalah daftar pustaka yang digunakan dalam kelas. Daftar pustaka
terbagi dalam dua kategori besar yaitu sumber acuan dan sumber anjuran.
Mahasiswa diharapkan membaca terlebih dahulu materi kuliah untuk setiap
pertemuan kelas yang diambil dari sumber acuan.
9.1 Buku Acuan
Todaro,
Michael and Stephen C. Smith, Economic Development, Edisi ke-10, Addison Wesley, 2009
Gunawan
Sumodiningrat, 2006, Responsi Pemerintah Terhadap Kesenjangan Ekonomi, Edisi
Ketiga, Perpod, Jakarta,
Kuncoro, Mudrajad,
2010, Dasar-dasar Ekonomika Pembangunan, Edisi Kelima, Yogyakarta, UPP-STIM
YKPN
9.2 Buku Anjuran
Arndt, H.W., Economic Development : The History of an Idea, the University of
Chicago Press, 1989 (HWA).
Beberapa Edisi World Development Report,
Terbitan bank Dunia setiap tahun, sesuai dengan tema yang sedang
dibahas.
Meier, G.M. and J.E. Stiglitz (eds.), Frontiers of Development Economics, The
Future in Perspectives, The World Bank-Oxford University Press, 2001 (MS).
Buku-buku atau Artikel-artikel
lain.
0 komentar:
Posting Komentar