Sabtu, 19 Januari 2013



EKONOMIKA INTERNASIONAL 1
FTA (Free Trade Area), CU (Custom Union), CM  (Common Market), EU (Economic Union), CEI  (Complete Economic Integration)

 FTA (Free Trade Area)
       Adalah bentuk integrasi ekonomi yang lebih tinggi dimana semua hambatan perdagangan tariff maupun non tariff di antara Negara-negara anggota telah dihilangkan sepenuhnya, namun masing-masing Negara anggota tersebut masih berhak untuk menentukan sendiri apakah mereka hendak mempertahankan atau menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan yang diterapkannya terhadap Negara-negara luar yang bukan anggota.

Contohnya:
Contoh terbaik kawasan perdagangan bebas ini adalah Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA, European Free Trade Association)  yang didirikan pada tahun 1960 oleh Inggris, Austria, Denmark, Norwegia, Portugal, swedia, dan Swis (Finlandia kemudian bergabung dan menjadi anggota pada tahun 1961).
Contoh kelembagaan area atau kawasan perdagangan bebas yang baru adalah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA, North American Free Trade Agreement), yang dibentuk oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada tahun 1993.
CU (Custom Union)
    Persekutuan pabean mewajibkan semua Negara anggota untuk tidak menghilangkan semua bentuk perdagangan diantara mereka namun juga menyeragamkan kebijakan perdagangan mereka terhadap Negara-negara luar yang bukan anggota. Jadi, masing-masing Negara anggota tersebut tidak lagi bebas menentukan sendiri kebijakan komersialnya dengan Negara-negara lain. Jika tariff diberlakukan, maka semua Negara harus mengikutinya. Demikian pula sebaliknya jika terhadap Negara-negara tertentu diputuskan untuk membebaskan perdagangan dari berbagai macam hambatan, maka semua Negara anggota harus melakukannya pula. Harmonisasi kebijakan perdagangan ini merupakan cirri utamapersekutuan pabean (custom union).


Contohnya:
Uni Eropa (EU, Europian Union) atau yang semula lebih dikenal sebagai Pasaran Bersama Eropa (Europian Common Market). Cikal-bakal Uni Eropa itu sendiri dibentuk pada tahun 1957 oleh Jerman Barat, Perancis, Italia, Belgia, Belanda dan Luxemburg.
Contoh lainnya adalah Zollverein yang dibentuk pada tahun 1834 oleh sejumlah wilayah merdeka yang kini menjadi negar-negara bagian Jerman. Kenyataan bahwa wilayah-wilayah tersebut kini bersatu menjadi sebuah Negara ternyata berawal dari persekutuan pabean tersebut, yang kemudian diresmikan oleh Kanselir Count Von Bismark sebagai satu Unit politik tunggal bernama Jerman pada tahun 1870.
CM  (Common Market)
Pada bentuk Integrasi ekonomi ini , bukan hanya perdagangan barang saja yang dibebaskan, namun juga arus-arus factor produksi seperti tenaga kerja dan modal. Itu berarti seorang pekerja disalah satu Negara bisa berpergian ke Negara yang menjadi anggota pasaran bersama itu untuk memperoleh lapangan kerja secara bebas seperti ia melakukannya di negaranya sendiri.
Contohnya:
Uni Eropa telah mencapai status pasaran bersama itu pada akhir tahun 1992
EU (Economic Union)
    Uni ekonomi melakukan harmonisasi atau penyelarasan lebih jauh , bahkan dengan menyeragamkan kebijakan-kebijakan moneter dan fiscal dari masing-masing Negara anggota. Ini merupakan tipe kerjasama ekonomi yang paling tinggi.
Contohnya:
Benelux, merupakan Uni ekonomi dari Belgia, Belanda dan Luxemburg yang dibentuk setelah usainya perang dunia ke dua (lembaga ekonomi tersebut kini menjadi bagian dari Uni Eropa)
Contoh Uni ekonomi dan moneter yang benar-benar menyeluruh adalah Amerika serikat, masing-masing Negara bagian memperlakukan Negara bagian lain tidak ubahnya dengan dirinya sendiri.
CEI  (Complete Economic Integration)
         Teori integrasi ekonomi mengacu kepada suatu kebijakan komersial atau kebijakan perdagangan yang secara diskriminatif menurunkan atau menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan hanya diantara Negara-negara yang saling sepakat untuk membentuk suatu integrasi ekonomi terbatas. Maksudnya, dilingkungan Negara-negara yang menjadi anggota , berbagai hambatan perdagangan tariff maupun non-tarif sengaja diturunkan atau bahkan dihapus sama sekali, sedangkan terhadap negar-negara luar yang bukan merupakan anggota , masing-masing Negara anggota masih berhak menerapkan kebijakan tersendiri, apakah mereka hendak melakukan hambatan perdagangan (tariff atau non-tarif) atau tidak.
Contohnya:
Integrasi Ekonomi di Eropa Timur dan di Republik-republik Pecahan Uni soviet, Pada tahun 1949, Uni Soviet membentuk Dewan Bantuan Ekonomi Bersama (CMEA, CMECON, Council of Mutual Economic Assistence) yang peraktis merangkum seluruh Negara komunis dikawasan Eropa Timur (Bulgaria, Chekoslovakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia dan Rumania) ditambah dengan Mongolia. Negara-negarA komunis lainnya yakni Kuba, Korea Utara dan Vietnam turut bergabung beberapa saat kemudian, sedangkan RRC menolak bergabung karena rivalitasnya dengan pemerintah Moskow. Tujuan mendirikan lembaga tersebut adalah mendiversikan perdagangan dari Negara-negara Barat dan menciptakan kemandirian yang lebih tinggi diantara Negara-negara komunis dalam bidang ekonomi.  



0 komentar:

Posting Komentar